2 Teknik Dasar Dan 3 Kesalahan Umum Sebelum Memilih Jasa SEO

Menyerahkan optimasi website kepada jasa SEO bisa menjadi solusi untuk menaikkan popularitas website bisnis online Anda. Terlebih bila Anda memiliki segudang kesibukan lain dan tak memiliki banyak waktu. Karena memang untuk mempelajari dan menerapkan teknik optimasi website, diperlukan keahlian dan kesabaran. Namun, Anda juga tak seharusnya memasrahkan hal ini sepenuhnya. Setidaknya Anda sudah membekali diri dengan sedikit pengetahuan dasar mengenai SEO.

SEO On Page Dan SEO Off Page

Tujuan dari SEO adalah untuk memunculkan website di halaman awal pada mesin pencarian Google. Umumnya, orang-orang lebih menyukai deretan artikel yang muncul pada halaman pertama hingga halaman ke 4. Terdapat 2 teknik optimasi website, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Keduanya sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri dengan catatan harus tepat sasaran dan konsisten.

SEO On Page, secara garis besar berisi 3 hal berikut :

  • Pasang template yang ramah SEO, bisa juga ditambah template responsive. Jangan lupa untuk mempercepat waktu loading pada tiap postingan website.
  • Lengkapi artikel dengan keyword pada judul, paragraph pertama, tengah-tengah badan artikel dan paragraph akhir artikel. Sisipkan gambar pada tiap postingan website dengan tambahan kalimat yang mengandung keyword di bawah gambar. Di setiap artikel hendaknya terdapat meta deskripsi yang berisi kalimat serta keyword.
  • Gunakan internal link yang mengarah ke halaman website untuk memudahkan navigasi dan supaya website Anda lebih rapi.

SEO Off Page, jika diringkas menjadi 3 yaitu:

  • Membangun backlink dengan website yang populer agar website Anda ikut naik popularitasnya
  • Membagikan konten website di sosial media.
  • Cobalah menggunakan tools yang telah disediakan Google. Misalnya untuk membuat artikel teroptimasi, gunakan Keyword Planner.

Namun bila Anda memang lebih tertarik menggunakan jasa SEO, coba perhatikan hal berikut. Kesalahan-kesalahan umum di bawah ini seringkali terjadi dan dapat merugikan Anda di kemudian hari.

Tidak Memeriksa Kredibilitas Penyedia Jasa SEO

Kredibilitas adalah hal mutlak bagi sebuah perusahaan. Pada penjual jasa optimasi website, kredibilitas bisa dilihat dari seberapa tingkat kepuasan customer dari project yang telah dikerjakan. Membaca testimoni dari pembeli sebelumnya dapat menjadi solusi bagus bagi Anda. Biasanya, testimoni ditampilkan di website untuk menarik pelanggan baru.

Namun, jangan terlalu cepat percaya pada kata-kata tersebut. Lakukan pengecekan pada orang yang telah memberikan testimoni dengan cara menghubungi nama yang tertera. Bertanyalah dengan detail seputar kinerja, ketepatan waktu, atau hasil optimasi website dari penyedia jasa tersebut.

Selain itu, pastikan mereka memiliki kantor dengan alamat yang real. Pastikan pula terdapat media komunikasi seperti nomor telpon kantor, nomor WhatsApp, alamat email ataupun layanan chat langsung di website. Alamat kantor diperlukan agar jika terjadi masalah di kemudian hari, Anda dapat bertemu dan mendiskusikan secara menyeluruh.

Tidak Mencari Tahu Metode Optimasi Yang Dilakukan

Bertanyalah dengan penyedia jasa tentang metode apakah yang akan dilakukan. Jika Anda menghubungi perusahaan yang tepat, mereka akan melakukan observasi dan meriset website Anda. Tak perlu bertanya terlalu detail, hanya ingin mengetahui gambaran umum yang akan mereka lakukan untuk mengoptimasi website Anda. Jika penyedia jasa menggunakan software, Anda patut curiga. Software untuk menciptakan backlink dengan cara yang tak benar malah akan dianggap spam. Google bisa saja melakukan deindex pada website Anda.

Tidak Melakukan Perbandingan Harga Dan Layanan

Anda telah mencari dan menemukan beberapa penyedia jasa SEO. Maka, Anda perlu membuat daftar harga dan layanan yang ditawarkan. Biasanya, harga menentukan suatu kualitas. Namun tak ada salahnya memilih harga yang sesuai dengan budget masing-masing.

Filed under:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *